WHAT'S NEW?
Loading...

Goa Akbar : Goa Indah di Tengah Kota Tuban

Goa Akbar Tuban


Kota Tuban merupakan salah satu dari 38 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur yang terlentak di kawasan pantai utara jawa atau pantura. Kota yang terkenal dengan julukan bumi wali ini mempunyai beragam daya tarik wisata, salah satunya adalah Goa Akbar.

Goa Akbar Tuban

Goa akbar ini merupakan sebuah goa yang cukup unik, karena pada umumnya sebuah goa terletak ditengah hutan ataupun perbukitan dan gunung, akan tetapi goa akbar ini terletak ditengah-tengah kota Tuban, letaknya sekitar 100 M dari parker bus wisata Tuban.

Goa Akbar Tuban

Memasuki goa akbar ini kita bakal disuguhkan pemandangan beragam stalaktit dan stalakmit, juga sungai bawah tanah yang memiliki arus lumayan deras serta ratusan kelelawar yang berhabitat di dalam goa. Sebagai tempat wisata, goa akbar ini juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung, antara lain jalan paving blok dan pagar pembatas untuk membantu pengunjung dalam menyusuri ruangan demi ruangan yang ada di dalam goa. Selain itu juga terdapat ratusan lampu hias yang berfungsi untuk membantu pengunjung melihat bebatuan yang tertata mengagumkan.

Goa Akbar Tuban

Didalam goa akbar ini terdapat sebuah tempat bernama paseban wali, yang diduga sebagai tempat para wali songo untuk berkumpul dan mengajarkan ilmu agama. Konon goa akbar ini adalah salah satu pusat tempat penyebaran agama islam di pesisir utara pulau jawa.

Goa Akbar Tuban

Tepat sebelum pintu keluar goa akbar, terdapat sebuah musholla baitul akbar, yang bisa dijadikan untuk tempat sholat bagi para pengunjung. Musholla baitul akbar ini sendiri diyakini merupakan tempat untuk beribadah walisongo pada jamannya. Hikmah dari perjalanan wisata di goa akbar ini kita selalu diingatkan tentang keyakinan dalam beragama, yang pada intinya kita harus senantiasa beribadah kepada Tuhan yang maha kuasa.


Goa Akbar Tuban


Video Dokumentasi Goa Akbar Tuban bisa dilihat pada Link di bawah ini:





0 komentar:

Posting Komentar